Menu Close

4 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Sosial Media

Namun hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali siapa audiens Anda. Bahasan ini sebenarnya masih berhubungan dengan poin dua di artikel ini. Produk tertentu cocok untuk audiens tertentu pula, dan otomatis pemasaran juga perlu dilakukan di media sosial yang cocok untuk keduanya agar promosi berjalan optimal. Saat ini kebanyakan orang mengira platform media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram itu hanya sebagai saluran untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Akan tetapi, yang sebenarnya fungsi media sosial telah menjadi semakin luas untuk semua jenis bisnis.

Berbisnis dengan menggukana social media

Saat ini, Facebook diperkirakan memiliki 2,37 miliar pengguna aktif di seluruh dunia di mana sekitar one hundred twenty juta di antaranya berasal dari Indonesia, baik kalangan muda hingga senior. Ditambah lagi, Facebook juga memiliki fitur iklan berbayar untuk mempromosikan produk, dengan cara menampilkan konten kita pada linimasa pengguna Facebook lainnya yang sesuai dengan karakteristik target konsumen kita. Fitur ini dijalankan melalui sistem dan algoritma Facebook yang memungkinkan kita memilih pengguna dengan minat, rentang usia, dan lokasi geografis tertentu untuk melihat konten beriklan kita. PERKEMBANGAN platform sosial media yang pesat belakangan ini, mulai mengubah dunia bisnis secara world.

Anda bisa download aplikasi BukuWarung untuk memudahkan mendata semua pemasukan dan pengeluaran dari bisnis anda. Di samping kedua cara tersebut, ada satu hal lagi yang penting untuk diingat apabila Anda ingin bergabung dalam sebuah program afiliasi. Sebaiknya Anda mengenali niche atau industri perusahaan yang menawarkan program tersebut.

Misalnya saja pelayanan yang prima atau adanya potongan harga yang bisa didapatkan. Sebagai seorang pebisnis, sudah pasti ingin memasarkan produk yang kamu jual agar makin dikenal banyak orang. Promosi produk menjadi tahapan wajib yang harus dilakukan untuk meraih calon pelanggan. Karena itu, proses ini sangat diutamakan dan dioptimalkan dari berbagai sisi. Pengusaha dulu harus membayar biaya pasang iklan di media cetak, televisi atau baliho yang cukup menguras biaya. Sedangkan pengusaha kecil harus puas dengan sistem sederhana sehingga bisnisnya sulit berkembang.

Konsumen juga mengatakan bahwa micro-influencer lebih mudah dijangkau dan terasa seperti teman dengan gaya hidup normalnya dan mereka bisa melakukan interaksi secara on-line dengan micro-influencer. Berikan Respon dan Pelayanan yang Terbaik – Setiap pengunjung sebaiknya langsung diberikan respon yang cepat baik setiap pertanyaan maupun setiap komplain yang dilontarkan. Terjadi penipuan, untuk itu konsumen harus berhati-hati berbelanja di on-line store. Paid Advertising yang ditawarkan oleh Facebook Ads sendiri sangatlah nayaman untuk Anda gunakan untuk digunakan.

• Konten beriklan, selain secara organik pemasaran melalui social media juga dapat dilakukan dengan beriklan. Iklan ini akan membantu produk yang kita promosikan masuk ke halaman utama timeline pengguna yang sesuai. • Bekerjasama dengan komunitas di media sosial, Gen Z mengharapkan kolaborasi antara pelaku bisnis dengan komunitas. Adanya kolaborasi ini juga bisa di sesuaikan dengan lini bisnis yang dimiliki. Bentuknya juga beragam seperti posting dan tags di media sosial untuk meningkatkan engagement.

Kemudian jika ada quotes atau konten bermanfaat dari pengikut anda, jangan ragu untuk membagikannya kembali. Anda bisa melakukan hal ini sesekali saja sebagai bentuk interaksi dan apresiasi dengan konsumen. Selain itu, melakukan live atau Question and Answer time juga bisa membuat kesan baru lho.

Di sini kamu juga dapat bertanya mengenai solusi dari masalah-masalah bisnis yang sedang kamu alami. Selain itu, kamu juga bisa menularkan pengetahuan bisnis yang kamu punya ke anggota komunitas yang lain. Berikut merupakan dampak positif dari penggunaan medsos ditinjau dari segi bisnis. Untuk tetap di depan, Anda harus bersedia untuk mendorong keterbatasan, dan bukan hanya fokus pada hasil, dan berdasarkan knowledge.

Nah, kalau yang satu ini biasanya paling terakhir dilakukan, saat pelaku UMKM ingin meningkatkan citra merek dagang masing-masing. Memiliki website khusus untuk platform usaha memang bisa menjadi booster picture perusahaan kita. Apalagi jika sudah dilengkapi dengan fitur alamat e mail khusus usaha kita sendiri. Misalnya, dulu kita menggunakan atau .; maka kelak, misalnya nama usaha kita adalah Sumber Jaya, alamat emailnya bisa menjadi ).

Platform ini membantu meningkatkan visibilitas sehingga akan meningkatkan pengakuan terhadap merek. Berikan profil yang jelas dan menarik yang menggambarkan kepribadian merek. Sehingga orang-orang yang belum mengenal merek Anda pun bisa mengenal dengan mudah. Ditambah dengan mengunggah konten menarik yang akan menambah nilai merek di mata target Deposit LINK AJA konsumen. Masalah anggaran terbatas yang biasanya terjadi pada UKM membuat bisnis ini sangat berhati-hati dalam memilih strategi pemasaran yang digunakan.