Menu Close

Belajar Saham Dengan Analisa Teknikal

Di samping melakukan pendekatan secara fundamental, investor juga bisa melakukan pendekatan dalam menganalisa saham melalui pendekatan teknikal. Cara menganalisa saham berdasarkan pendekatan elementary dan teknikal ini merupakan modal analisa yang banyak dilakukan investor dalam memprediksi harga saham di Bursa Efek Indonesia . Prediksi pun berdasarkan kecenderungan , yang bekalnya adalah kinerja historical dari pergerakan harga saham.

Belajar menganalisa saham

Bila berlangganan data ini, pergerakan harga dapat dipantau secara actual time. Bisa juga mendapatkan knowledge harga secara free of charge, tetapi harus men-download sendiri setiap hari. Saham perusahaan yang ada di fase ini merupakan primadona karena banyak diburu investor. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, pangsa pasarnya kian turun dan meredup.

Jangan sampai return dari bisnis ternyata lebih rendah daripada value of fund kita. Itu sebabnya, sebisa mungkin melakukan proses analisa dengan tepat dan seobjektif mungkin menggunakan data, bahkan hingga melakukan survey pasar. Hal ini dibutuhkan agar setiap pemegang saham mengetahui berapakan e-book value total dari kepemilikan saham mereka di perusahaan tersebut.

Kalo teknik ini lebih menyasar sisi psikologis dealer, jadi naik turunnya harga saham kelihatan dari hari ke hari bahkan dari hitungan jam. Well, lebih lengkapnya silakan pelajarin jurus analisis teknikal saham yang sudah ditulis beberapa waktu yang lampau. Menganalisa dengan cara ini mengharuskan seorang investor membuka jaringan yang luas dengan berbagai pihak. Sebab, cara analisa basic saham akan lebih efektif apabila dilakukan dengan menggunakan banyak sumber informasi yang valid.

Itulah kenapa riwayat pergerakan saham akan selalu dalam posisi sama di kisaran waktu tertentu. Price Earning Ratio juga merupakan unkuran untuk menentukan bagaimana pasar memberi harga atau nilai pada saham sebuah perusahaan. Keinginan seorang investor melakukan analisis saham melalui rasio – rasio keuangan seperti Price Earning Ratio, ini karena adanya keinginan investor akan hasil yang layak dari suatu investasi saham.

Menurut teori Dow harga bergerak berdasarkan tiga macam tren yaitu bullish , bearish , dan sideways. Di artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai salah satu cara untuk menilai suatu saham yaitu; analisis basic. Indikator ini menghitung pergerakan harga rata-rata dari suatu saham dalam suatu rentang waktu, misalnya dalam waktu 50 hari atau sering disebut MA50.

Oleh karena itu, bergabung dengan komunitas sangat disarankan untuk bisa mengembangkan relasi kalian. Meskipun begitu, kalian juga sebaiknya tidak melupakan dasar-dasar investasi begitu saja. Hal ini sangat penting untuk membuat pemahaman kalian semakin mendalam. Oleh karena itu, perbanyaklah membaca buku soal investasi dan artikel-artikel seputar investasi yang bisa kalian temukan dengan mudah di internet.

Tidak seperti value investing untuk waktu jangka panjang, buying and selling saham hanya berjangka waktu singkat. Oleh karena itu, biasanya para trader saham tidak mengharapkan dividen. Head of Research RHB Sekuritas Indonesia Andrey Wijaya mengatakan sebelum membeli saham, dan melakukan buying and selling, sebaiknya untuk cari tahu dahulu seperti apa valuasi dan risikonya. Seperti juga indikator RSI, indikator stochastic membandingkan titik harga penutupan terakhir dengan kisaran harga terendah atau tertinggi harga saham pada periode tertentu.