Menu Close

Four Cara Mengajari Anak Menabung Sejak Dini

Namun, disesuaikan juga dengan profil risiko investasi Anda, dan pastikan Anda tahu kemana harus berinvestasi. Setelah sudah memiliki tabungan untuk dana darurat, juga wajib menyiapkan tabungan investasi. Anda bisa memilih berbagai instrumen investasi karena banyak sekali macamnya. PORTALMAKASSAR.COM – Tentu Anda ingin hidup nyaman meski di usia muda, salah satunya dengan punya finansial yang sehat. Untuk mewujudkannya, tentu Anda harus menabung sejak dini dengan beberapa prioritas jenis tabungan.

Menabung sejak dini

Dawny mencontohkan banyak anak belum mengerti menggunakan uangnya apakah untuk kebutuhan pokok atau untuk memenuhi hobinya. “Apakah untuk recreation, atau untuk yang pokok dulu nih misalnya untuk makan dan buku,” jelasnya. “Simpel juga akan membentuk pelajar untuk memiliki kebiasaan menyimpan atau menabung sejak dini”. Tutur Risang ketika bertemu Kadispendik Surabaya Ikhsan, Kemarin (07/09) di kantor Dispendik. Karakterunsulbar.com- Program Studi Akuntansi Universitas Sulawesi Barat mengedukasi pentingnya menabung sejak usia dini ke masyarakat Desa Bonde, Kecamatan Pamboang, Majene. Karena dari uang receh yang sedikit, kalau terkumpul lama-lama uangnya menggunung menjadi bukit.

Jadi tidak hanya anggaran biaya bulanan saja yang perlu dialokasikan untuk pos-pos tertentu, tabungan juga begitu. “Karena itu, kami memberikan perhatian besar terhadap program literasi keuangan sejak dini. Harapannya agar anak-anak dapat mulai membiasakan menabung dan berbagi sebagai bekal untuk masa depan,” kata Frasiska.

Untuk si Kecil yang berusia lebih muda, sebaiknya gunakan wadah transparan sehingga si Kecil dapat melihat bentuk fisik uang yang disimpan. Mulai sisihkan sebagian penghasilan Anda untuk berjaga-jaga ketika mobil atau rumah harus diperbaiki. Anda akan mempunyai cukup simpanan ketika harus membayar utang, terutama utang kartu kredit. Hindari menggunakan kartu kredit secara berlebihan agar tabungan juga tidak terbebani. Menabung merupakan kegiatan baik dan harus dibiasakan sejak masih muda. Dengan Permainan Gacor , Anda akan terbebas dari masalah keuangan di kemudian hari.

Cara menabung dengan cepat untuk anak sekolah selanjutnya adalah mengumpulkan uang recehan. Ajarkan anak untuk tidak menyepelekan uang nominal Rp100, Rp500, Rp1.000, Rp2.000, atau lainnya. Buat kamu yang punya anak, sudah seharusnya mengajarkan kebiasaan menabung ini sejak dini, karena nanti bisa bermanfaat untuk masa depan. Namun, mengajarkan kebiasaan tersebut kenyataannya, nggak semudah yang kita bayangkan. Menabung membuat kita memiliki uang sendiri dari hasil menyisihkan uang saku yang diberikan ayah ibu kita. Nah, dengan kita menabung kita akan menyisihkan uang untuk membeli keperluan yang sebenarnya kita tidak begitu butuhkan.